Sabtu, 27 April 2013

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya - memang sungguh menyebalkan jika saat menyisir rambut serpihan-serpihan putih berjatuhan di baju Anda. Yap, Ketombe ! ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang.
Ketombe adalah pengelupasan berlebihan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ketombe bukan merupakan organisme seperti kutu rambut tetapi hanya kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.. 


Masalah yang sering terjadi adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan secara terus menerus diikuti dengan iritasi kulit kepala yang menyebabkan banyaknya muncul ketombeketombe yang memenuhi kulit kepala memang tidak lazim menghinggapi pria atau wanita yang aktif dalam berkegiatan. Tentunya selain akan menimbulkan raga gatal, penampilan rambut juga akan sedikit terganggu dan dapat mempengaruhi produktifitas anda.

Pasti anda sering bertanya-tanya apa yang menyebabkan munculnya ketombe, padahal anda sering keramas dll. Banyak hal yang dapat menyebabkan ketombe, diantaranya:
1.Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Hal ini ditandai  dengan bersisik / mengelupasnya kulit yang di akibat oleh minyak atau lemak berlebih, dan Dermatitis seboroik salah satu penyebab umum munculnya ketombe dikulit kepala.

2. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih. Psoriasis juga merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

3. Kulit kering
Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuk dengan penggunaan pengering rambut ( hair dryer ) dan kondisioner yang salah.
4. Kulit berminyak 
Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.
5. Infeksi jamur
 Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh secara subur.

6. Penyebab lain
Penyebab lain dari ketombe dapat disebabkan oleh tingkat sterss yang tinggi, kurang menjaga kebersihan kulit kepala, berbagi sisir dengan penderita ketombe, penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala, serta bilasan sampo yang kurang bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar